Skip to content

11 Medali Emas Diamankan, Indonesia Kunci Predikat Juara Umum Parabulu Tangkis

  • by
Pebulutangkis Indonesia Khalimatus Sadiyah (kiri) dan Fredy Setiawan(kanan) dalam Ganda Campuran pada 11th ASEAN PARAGAMES 2022 di Auditorium Universitas Muhammadyah Surakarta, Solo, Rabu, 3/08/2022.Foto : INASPOC/Ardy Alvez

SOLO – Meski kompetisi parabulu tangkis ASEAN Paragames 2022 masih menyisakan satu hari, Kontingen Indonesia di atas kertas telah memastikan diri keluar sebagai juara umum.

Sebelumnya tim parabulu tangkis Indonesia sudah menyabet medali emas nomor beregu putra pada Minggu (31/7/2022) dan menyegel nomor ganda campuran SL3-SU5 via Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah pada Rabu (3/8/2022).

Pada hari ini, Kamis (4/8/2022), pundi-pundi medali emas Indonesia dari cabor parabulu tangkis kembali bertambah. Tak tanggung-tanggung, ada sembilan nomor yang berhasil diamankan oleh tuan rumah.

Dari sembilan medali emas tambahan itu, empat di antaranya didapat dari wakil Indonesia yang berlaga dengan sistem round robin. Mereka adalah Khalimatus Sadiyah (tunggal putri SL3+SL4), Warining Rahayu (tunggal putri SU5), Rina Marlina (tunggal putri SH6), serta Subhan/Rina Marlina (ganda campuran SH6).

Dari empat wakil Indonesia di atas, hanya Khalimatus Sadiyah yang belum dikalungi medali emas lantaran persaingan nomor tunggal putri SL3+SL4 baru tuntas pada esok hari. Meski begitu, catatan empat kemenangan yang dibukukan sudah tak mungkin disamai oleh para rivalnya.

Sedangkan lima medali emas tambahan lainnya didapatkan dari lima nomor di mana tercipta All Indonesian Final, yakni tunggal putra WH2, tunggal putra SL3, tunggal putra SL4, ganda putra SL3-SL4, dan ganda putra SU5.

Dengan torehan 11 medali emas, Indonesia dipastikan tampil sebagai juara umum cabor parabulu tangkis ASEAN Paragames 2022 yang total mempertandingkan 19 nomor.

Meski belum resmi jadi juara umum, karena masih menunggu UPP dan hasil partai final yang digelar Jumat (5/8/2022), Indra Kusuma Adi mensyukuri pencapaian tim parabulu tangkis Indonesia di ASEAN Paragames 2022.

“Alhamdulillah, ini benar-benar berkah dari Allah SWT. Terima kasih untuk doa dari pengurus, keluarga, penonton, dan semua pihak,” kata salah satu pelatih parabulu tangkis Indonesia itu.

“Ini berkat latihan kami selama TC satu tahun serta kerja sama antara tim pelatih, pendukung, dan atlet sehingga bisa memaksimalkan kekutan untuk meraih medali emas sebanyak-banyaknya.”

Tim parabulu tangkis Indonesia pun masih berpeluang menambah perolehan medali emas ASEAN Paragames 2022 di luar 11 nomor yang sudah disebutkan sebelumnya.

Dari nomor ganda putra WH1-WH2, Indonesia punya Agung Widodo/Supriadi yang akan bertemu Muhammad Ikhwan bin Ramli/Noor Azwan bin Noorlan (Malaysia) di partai final besok.

Indonesia juga masih memiliki kans meraih medali emas nomor tunggal putra SH6 maupun ganda putri SL3-SU5 yang menggunakan sistem round robin.

Pada kedua nomor tersebut, skuad Merah Putih bahkan punya potensi mengamankan medali emas dan perak sekaligus jika mampu menempatkan dua wakil finis 1-2 di klasemen akhir.*

Leave a Reply

Your email address will not be published.