Skip to content

APSF Apresiasi Penyelenggaraan APG yang Luar Biasa

  • by
Suasana pertandingan di kelas 4 Men’s Singles Para Tenis Meja antara WANCHAI CHAIWUT (THA) Vs ADYOS ASTAN (INA). 11th ASEAN Para Games 2022 Solo Techno Park, 05 Agustus 2022. INASPOC/Sofyan Adi.

SOLO – Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 disambut suka cita oleh
Sekjen ASEAN Para Sport Federation (APSF) Wandee Tosuwan.

Dia mengakui dari sisi promosi, penyelenggaraan kejuaraan, hingga respons publik Indonesia pada event ini berjalan dengan sangat baik.

“Dari segi promosi dan visual olahraga, sangat memuaskan. Bahkan bisa dibilang luar biasa,” kata Wandee Tosuwan saat jumpa pers di Media Center APG, Sabtu siang (6/8/2022).

Dia mengakui saat menjadi perwakilan APSF dari yang awalnya sebatas mengecek kondisi calon venue hingga kini melihat langsung penyelenggaraan APG, dia akui semua benar-benar berjalan dengan cukup sempurna.

“Pada kunjungan Mei lalu hingga sekarang, Solo banyak berubah. Khususnya dari sisi tradisinya yang benar-benar semakin diperlihatkan. Semangat kebudayaan Jawa yang sudah mendarah daging di masyarakat disini, semakin ditonjolkan di ASEAN Para Games,” tuturnya.

Spirit of Java memang diperlihatkan dari filosofi dimunculkannya di beberapa item. Mulai dari logo, maskot, hingga komponen pendukung penyelenggaraan di beberapa venue pertandingan.

“Saya juga mengapresiasi dengan antusiasme dan dukungan masyarakat Solo yang menyambut ASEAN Para Games. Saya senang melihat respons mereka dengan adanya penyelenggaraan APG ini,” terangnya.

Solo dikenal sebagai rumah untuk atlet disabilitas. Kantor National Paralympic Committee (NPC) Indonesia ada di Solo, begitu juga dengan pelatnas atlet disabilitas Indonesia, yang ditempa di kota ini. Tak salah jika penyelenggaraan APG dua kali di Indonesia, yakni 2011 dan 2022 digelar di Kota Solo selalu.

“Saya senang Solo mematahkan stigma soal disabilitas. Kesetaraan dan respons masyarakat pada perjuangan atlet disabilitas di Solo begitu baik. Itu terlihat karena masyarakat datang langsung mendukung perjuangan atlet di kejuaran ini,” ujar Wandee.*

Leave a Reply

Your email address will not be published.