Skip to content

ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka, 11 Negara Siap Berkompetisi

  • by
Resmi DibukaSuasana Venue Stadion Manahan Solo, saat Opening Ceremony dengan dimeriahkan fireworks. 11th Asean Para Games. Foto : INASPOC/Sofyan Adi.

SOLO – Gelaran 11th ASEAN Para Games resmi dibuka melalui Opening Ceremony yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2022 dan bertempat di Stadion Manahan. Adapun perhelatan akbar ini dibuka oleh Wakil Presiden RI, H. Amin Ma’ruf. Dalam momen tersebut, ribuan masyarakat Solo terlihat memenuhi kursi stadion dan menikmati acara yang dikemas dengan menarik oleh INASPOC (Indonesia ASEAN Para Gamez Organizing Committee).

Ada sebuah momen unik yang berlangsung dalam acara ini. Yakni ketika Ketua INASPOC sekaligus Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memasuki arena stadion dengan menunggang kuda. Sontak adegan tersebut memancing keriuhan dari para penonton, khususnya warga Solo yang hadir langsung di Stadion Manahan.

Walikota Solo selaku Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka menaiki kuda saat opening ceremony 11th ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu 30 Juli 2022. INASPOC/Agung Lawerisa/Al

Di samping momen unik ini, publik juga dimanjakan dengan berbagai aksi panggung yang unik dan menarik serta sangat kental dengan nuansa Jawa. Terlebih ketika sosok Rajamala, sang maskot 11th ASEAN Para Games dimunculkan melalui skenario yang menarik. Seorang dalang menyampaikan terlebih dahulu filosofi di balik karakter Rajamala baru kemudian sang maskot muncul di arena pertunjukan. Selebihnya, kombinasi antara tarian yang apik, tata panggung yang cemerlang, hingga visual yang menawan, mampu memanjakan mata para penonton. Baik yang hadir langsung di Stadion Manahan maupun menyaksikan siaran melalui stasiun televisi dan live streaming YouTube.

Setelah acara ini, pertandingan 13 cabang olahraga mulai berlangsung keesokan harinya (kecuali wheelchair basketball yang telah mulai di hari yang sama). Lebih dari 1.200 atlet akan berkompetisi dengan gigih, memperjuangkan yang terbaik demi mengharumkan nama bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.