Skip to content

ASEAN Paragames 2022 Pencapaian Terbesar Indonesia Sepanjang Sejarah

  • by
Menpora Zainudin Amali. Foto: Humas Kemenpora/Bagus

SOLO – Pencapaian kontingen Indonesia di ASEAN Paragames 2022 menjadi yang terbesar dalam sejarah sejak 2001. Tim Merah Putih merangkum 425 keping medali. Rinciannya: 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam laporannya kepada Presiden RI pada upacara penutupan ASEAN Paragames 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022).

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua NPC (National Paralympic Committee) Indonesia Shenny Marbun beserta jajarannya yang telah mempersiapkan para atlet secara keras, maupun membantu penyelenggaraan sehingga menjadi sukses. Di mana para akhirnya kita meraih prestasi 175 emas. Ini merupakan jumlah medali emas terbanyak yang dihasilkan sepanjang keikutsertaan Indonesia di event ini sejak pertama kali dilangsungkan pada 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia,” katanya.

Kepada atlet yang telah mewujudkan juara umum, Menpora Amali juga berterima kasih atau perjuangan, semangat tanpa menyerah, dan suportivitas yang ditunjukkan. Apa yang diperlihatkan ini menurutnya telah menginspirasi banyak orang selama penyelenggaraan ASEAN Paragames 2022 ini berlangsung.

“Terima kasih kami sampaikan juga kepada CdM Andi Herman yang juga kepala Kejaksaan Tinggi yang telah memenuhi target, bahkan melampaui perhitungan awal yang dijanjikan yakni 104 emas menjadi 175 emas. Pencapaian yang luar biasa,” imbuhnya.

Pelaksanaan ASEAN Paragames 2022 yang bertemakan “striving for equality” di Kota Solo ini telah diikuti oleh 1907 orang yang terdiri dari 1248 atlet dan 659 ofisial. Mempertandingkan 14 cabang olahraga, dengan 57 nomor pertandingan serta memperebutkan 1260 medali emas, perak, dan perunggu.**

Leave a Reply

Your email address will not be published.