Skip to content

Bangganya Warga Solo Terlibat di ASEAN Paragames 2022

  • by
Foto: Media Center APG 2022

Solo – Masyarakat berlomba untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022. Seperti yang diungkapkan, Purwadi, Pengemudi Jetbus Transit, bus yang mengantarkan atlet dari hotel tempat menginap ke lokasi pertandingan setiap harinya.

Ditemui saat bertugas, Rabu (3/8/2022), Purwadi secara khusus mengakui rasa bangganya bisa ikut berpartisipasi melancarkan penyelenggaraan event internasional atlet penyandang disabilitas negara-negara Asia Tenggara, ASEAN Paragames Solo 2022.

“Saya sebagai pengemudi Jetbus Transit juga merasa bangga karena diberi kepercayaan terlibat event internasional,” tuturnya.

Jetbus Transit yang digunakan adalah kendaraan hasil kreasi perusahaan karoseri Adiputro. Khusus perhelatan ASEAN Paragames Solo, Adiputro menghadirkan dua unit bus yang didesain khusus sebagai sarana transportasi ramah bagi penyandang disabilitas.

“Bus itu rancangan Adiputro sendiri, jadi itu karya anak bangsa,” katanya.

Purwadi menjelaskan, bus yang dikemudikannya itu bertipe low deck, sehingga sangat membantu penyandang disabilitas memanfaatkannya. Suara kendaraan pun tidak akan mengganggu karena letak mesin ada bagian dibelakang, tidak seperti bis biasanya yang posisi mesinnya ada di depan.

“Tugas saya dengan mengantar para atlet yang bertanding di ASEAN Paragames ini, saya jemput mereka dari hotel, lalu mengantarnya ke arena atau venue. Saaat mereka sudah selesai bertanding, saya jemput di venue dan mengantarnya lagi ke hotel,” ujar Purwadi.

Jetbus memakai suspensi coil spring, bukan per daun sehingga memberikan rasa lebih nyaman ketika berada di dalam bus.

“Atlet-atlet penyandang disabilitas juga jadi lebih mudah keluar masuk bus, karena bus itu memiliki ground clearence yang rendah, beda dengan bus yang lain,” katanya.

Purwadi mengungkapkan, dalam ASEAN Paragames Solo 2022, Adiputro menurunkan dua unit Jetbus Transit, untuk membantu mobilitas atlet-atlet penyandang disabilitas.

“Tidak hanya atlet Indonesia yang diantar, atlet dari negara lain juga kami antar. Para ofisial juga bisa menggunakan bis itu, karena bis itu ada tempat duduknya juga, ada 12 kursi, dan ada area yang lapang yang bisa diisi hingga 5 kursi roda,” tambah Purwadi.

Belajar kesetaraan sejak dini

Lain lagi dengan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Nur Hidayah. Para siswa begitu antusias ketika  mengetahui penyelenggaraan event internasional Asean Paragames digelar di Solo. Gelaran ini sekaligus menjadi sarana belajar prinsip-prinsip kesetaraan.

Wakil Kepala Sekolah SMP IT Nur Hidayah, Bangun Romadi, mengatakan dengan menyaksikan pertandingan antarpenyandang disabilitas siswa bisa belajar semangat berprestasi yang tidak mengenal keterbatasan.

“Menumbuhkan rasa NKRI, sehingga dapat menerapkan prinsip kesetaraan,” kata Bangun Romadi saat mendampingi anak didiknya melihat pertandingan judo tunanetra di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu (3/8/2022).

Dikatakan Bangun, penerapan prinsip itu perlu dilakukan oleh segenap generasi penerus bangsa di masa mendatang. Sebab, dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan yang mengadang setiap waktu.

“Memperkuat rasa nasionalisme antara nondisabilitas dengan penyandang disabilitas,” kata Bangun.

Melalui ajang tersebut, lanjut Bangun, pihaknya juga mengajarkan murid bersemangat meraih prestasi. Sehingga, dapat memotivasi prestasi anak didiknya dapat lebih tinggi melalui sajian pertandingan.

Di setiap pertandingan, para atlet penyandang disabilitas menunjukkan semangat pantang menyerah untuk menorehkan prestasi demi mengharumkan nama bangsa.

“Itu nilai edukasinya, ketika melihat pertandingan Cabor Judo ASEAN Paragames,” kata Bangun.

Kekurangan yang ada, bukan menjadi hambatan seseorang untuk prestasi. Justru sebagai penyulut api kerja keras dalam meraih prestasi yang ditargetkan oleh setiap insan manusia ketika menjalani kehidupan.

“Kita harus mengoptimalkan kelebihan yang ada, untuk meraih prestasi,” tuturnya.

Kolaborasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam perhelatan pesta olahraga atlet penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini pun semakin mengukuhkan wajah Solo sebagai kota yang inkusif. Kota yang memperjuangkan kesempatan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas.  

ASEAN Paragames Solo 2022 ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyandang status juara umum pada perhelatan terakhir ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Narahubung:

Suhud +62856-3555-117

Isnan +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.