Skip to content

Bayu Aji Pangestu Judoka Kebanggaan Mama dan Indonesia

  • by
Bayu Aji Pangestu (kanan), Nguyen Viet Tu (kiri). Foto: Antara

Solo – Bayu Aji Pangestu sukses menambah perbendaharaan medali emas Indonesia lewat cabang olahraga judo tunanetra kelas 60kg J2 putra ASEAN Paragames Solo 2022. Pencapaian itu tergolong luar biasa karena Bayu belum pernah tampil di kelas itu pada ajang sebelumnya.

Bertanding di Conventions Hall Tirtonadi, Solo (2/8/2022), Bayu jadi yang terbaik setelah menundukkan Nguyen Viet Tu dari Vietnam dan rival senegara Herbin Nainggolan. Kemenangan itu tetap diraih meski kelas yang dimainkan tidak sesuai dengan kekurangan yang dimiliki.

Seusai pertandingan, pelatih judo tunanetra NPC Indonesia Imam Kuncoro menjelaskan bahwa Bayu memiliki kekurangan blind total dan harusnya tampil di kelas J1. Namun karena potensi dan progres yang ditunjukkan, Imam pun memberanikan diri untuk menempatkan Bayu di kelas J2 atau atlet dengan penglihatan rendah (low vision).

“Bayu tidak diberi target karena dia itu kelasnya di blind total (J1), tapi baru saya naikkan ke low vision (J2). Sebelum ini kita sempat merekrut tiga atlet seperti Bayu dan bisa dia kalahkan semua. Oleh karena itu, Bayu saya naikkan ke kelas J2,” kata Imam.

Sementara itu, ibunda Bayu yang bernama Henicu Henida mengaku kehabisan kata-kata ketika ditanya tentang prestasi emas yang baru saja diraih anaknya. Terlebih, Henicu memang terlibat langsung dalam proses perjuangan Bayu menjadi atlet judo sejak SMA.

“Alhamdulillah bangga sekali, dia bisa menampilkan yang terbaik di SEA Games kali ini. Bayu ini sebenarnya anak yang pendiam dan enggak banyak bicara. Tapi, dia ulet, pekerja keras dan selalu belajar dari keadaan,” kata Henicu.

Foto: Media Center APG 2022

“Sebelumnya saya sempat mengarahkan dia ke cabor lain, seperti atletik shot put (tolak peluru). Tapi, anaknya memang tidak berminat dan memilih bela diri judo ini. Pokoknya saya bangga dengan anak ini,” tambahnya sambil merangkul Bayu.

Sekadar informasi, judo tunanetra termasuk salah satu cabang olahraga penghasil medali terbanyak kontingen Indonesia. Menurut situs resmi ASEAN Paragames 2022 (www.apg2022.com) pada Rabu 3 Agustus pukul 20.00 WIB, para judoka Indonesia sudah mempersembahkan 17 medali dengan rincian, 8 emas, 6 perak, dan 3 perunggu.

Narahubung:

Suhud   I +62856-3555-117

Isnan     I +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.