Skip to content

Blind Judo Sapu Bersih Empat Emas di Hari Kedua

  • by
Atelt blind judo Indonesia, Rafli Ahnaf Shidqirafli meraih medali emas di kelas J2 73 kg ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Selasa (2/8/2022). Inaspoc/Andry Prasetyo

Solo — Tampil percaya diri, tim Blind Judo Indonesia menyapu bersih empat medali emas dari empat nomor yang dipertandingkan di ASEAN Paragames (APG) XI 2022 Solo.

Bertanding di Tirtonadi Convention Hall Solo, Rabu (3/8/2022), tim Blind Judo tak terbendung di hari kedua. Indonesia membukukan 4 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Empat emas kontingan Indonesia disumbangkan Rusmanto Gian Nita yang turun di nomor Women’s Individual -57 kg, Maghfira Balgis Mega (Women’s Individual +57 kg), Tony Ricardo Mantolas (Men’s Individual J1 & J2 +90 kg) dan Fajar Pambudi (Men’s Individual J1 & J2 -90 kg).

Sementara perak disumbang Garini Melinda Artia (Women’s Individual -57 kg), Siska Roma (Women’s Individual +57 kg), dan Bate E Junifor (Men’s Individual J1 & J2 -90 kg).

Adapun tiga perunggu atas nama Larassati Novia dan Marialam Sihilotang yang turun di Women’s Individual -57 kg, dan Sambaouw Ranto Herli Imanuel (Men’s Individual J1 & J2 -90 kg).

Balgis Mega tak ada tanding saat turun berlaga. Tiga lawan yang dihadapi yakni Roma Siska, Nurul Fadillah, dan Russel Cundangan dikalahkan dengan Ippon.

Sementara Rusmanto Gian Nita menang atas empat lawannya dengan Ippon.

Di nomor Men’s Individual J1 & J2 -90kg yang diikuti 6 pejudo, Fajar Pambudi bertarung sengit di partai final melawan rekan sepelatnas, Bate E Junifor.

Fajar Pambudi menang Ippon atas Bate E kurang dari satu menit.

Di nomor Men’s Individual J1 & J2 +90kg, Mantolas Tony Ricardo mempersembahkan emas setelah mengalahkan Srijarung Sahas (Thailand) dan Taufik Elda Fahmi Nur.

Usai penyerahan medali, Pelatih Kepala Blind Judo Indonesia Imam Kuncoro mengaku bersyukur atas empat medali emas di hari kedua.

“Alhamdulillah, hari ini melebihi target yang kami perhitungkan. Target di awal 3 emas, tapi hari ini Indonesia meraih 4 emas alias sapu bersih di semua kelas,” kata Imam Kuncoro, Rabu (3/2/8/2022), petang.

Menurutnya, atlet yang diturunkan menunjukkan kerja keras dan motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

“Hasilnya sangat positif, anak-anak tampil luar biasa hari ini. Total hari ini dapat 8 medali, dengan rincian 4 emas, 3 perak dan satu perunggu,” tuturnya.

Dengan tambahan empat emas ini, blind judo sudah menyumbangkan 7 medali emas untuk Indonesia.

“Sudah sesuai target yakni 7 emas. Namun kami tak ingin berhenti. Besok ada dua nomor yang akan dipertandingkan, kami target sapu bersih seperti hari ini,” ucap Kuncoro.

Hingga hari kedua cabor Blind judo, Indonesia mengikuti 10 kelas yang dipertandingkan dan meraih 9 emas, melebitih dari target 7 emas.

Dia mengakui, di pertandingan blind judo hari kedua sudah lebih enjoy dibandingkan laga perdana. “Di hari kedua, tim pelatih, ofisial, maupun atlet lebih enjoy sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaik untuk Indonesian,” pungkas Kuncoro.

Cabor blind judo APG XI 2022 diikuti empat negara, yakni tuan rumah Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Thailand. *

Leave a Reply

Your email address will not be published.