Skip to content

Didukung Keluarga, Maghfira Balgis Persembahkan Medali Emas Blind Judo

  • by
Atlet Blind Judo Indonesia Magfira Balgis bangga merah medali emas kelas di atas 57 kg. Inaspoc/Andry Prasetyo

Solo – Pejudo putri Indonesia, Maghfira Balgis Mega tak bisa membendung kegembiraan usai memastikan medali emas dari cabang olahraga (cabor) Blind Judo ASEAN Paragames (APG) XI 2022 Solo.

Bertanding di Tirtonadi Convention Hall, Maghfira Balgis menjadi salah satu sosok penting panen medali tim Blind Judo Indonesia di hari kedua penyelenggaraan, Rabu (3/8/2020).

Berlaga di nomor Women’s Individual +57 kg, Balgis mencatatkan poin sempurna yakni mengalahkan tiga lawannya dengan Ippon.

Lawan pertama yang dihadapi yakni rekan sesama negaranya, Siska Roma. Dia hanya butuh 10 detik untuk mencetak Ippon. Di pertandingan kedua, goloram Nurul Fadilah yang ditundukkan lewat Ippon hanya dengan waktu 5 detik.

Di partai penentuan medali emas, Balgis menundukkan pejudo Filipina, Cundangan Russel dengan waktu 15 detik. Lagi-lagi dengan nilai tertinggi, Ippon.

Ditemui usai penyerahan medali, Maghfira Balgis tengah melayani foto bersama dari para fans yang telah menunggu di salah satu Lorong di Tirtonadi Convention Hall.
Dengan senyum mengembang dan kalungan medali emas, serta merchandise Rajamala, dia memberikan waktunya untuk para fans yang hadir di venue.

Dia mengaku sangat bahagia, karena pada Rabu (3/8/2022) menjadi sebuah sejarah mempersembahkan emas bagi Indonesia di ajang multievent internasional.

“Saya sangat bahagia dan senang sekali. Medali emas ini untuk orang tua, pelatih dan Merah Putih. Orang tua saya datang langsung dari Surabaya dan menonton di sisi lapangan,” tutur pejudo asal Surabaya.

Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, Maghfira Balgis sudah menorehkan tinta emas bagi dirinya sendiri dan Indonesia.

Menurutnya, kunci sukses dari capaian prestasi di APG XI 2022 ini tidak lain karena gemblengan tim pelatih dan kedisplinan dalam menjalankan jadwal latihan.

“Latihan rutin sesuai program dari pelatih. Semua atlet pelatnas pasti tahu, bagaimana kerasnya latihan di bawah tim pelatih. Dari kerja keras di latihan tersebut, saat ini kami merasakan hasil positif dengan meraih prestasi,”ujar Maghfira Balgis.

Setelah sukses di APG XI 2022, dia mengalihkan fokus untuk meningkatkan prestasi di ajang Asian Paragames 2022 di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok.

“Setelah ini, saya ingin fokus meraih prestasi di Asian Paragames Hangzou,” pungkas Balgis. *

Leave a Reply

Your email address will not be published.