Skip to content

Final Sepak Bola CP APG 2022, Timnas Indonesia Ditantang Thailand

  • by
Pemain Timnas Celebral Palsy (CP) Football Indonesia, Cahyana melakukan selebrasi usai mencetak gol kegawang pemain Kamboja. INASPOC/FERI SETIAWAN/Ali

Solo – Pertarungan puncak sepak bola cerebral palsy (CP) ASEAN Para Games (APG) 2022 bakal mempertemukan Timnas Indonesia dengan Thailand di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Jumat (5/8/2022).

Skuad Merah-Putih melangkah ke partai final setelah menundukkan Kamboja pada pertandingan semifinal, Rabu (3/8) sore. Tim yang dilatih Anshar Ahmad itu menang 9-2. Sementara Thailand melaju ke final setelah melumat Myanmar 5-0.

Pertandingan semifinal itu dikuasai penuh para pemain Indonesia. Striker Indonesia Cahyana mencatatkan quatrick dengan mencetak gola menit 2, 3, 9 dan 11. Kapten tim M Yahya Hernanda membukukan dua gol, pada menit 1 dan 24.

Penyerang Efi Yikwa yang menggantikan Cahyana juga menceploskan dua gol menit 28 dan 55. Satu gol lain penggawa Nusantara itu disarangkan Ahmad Yuliarsi menit 48.

Di pihak lawan, dua gol balasan Kamboja dicetak Sum Chanrom menit 32, serta kapten tim S Heng menit ke 55.

“Sengaja kami tidak menurunkan kekuatan penuh, dari pada pertandingan berhenti di tengah jalan. Maka saat mereka menarik pemain dan tidak menggantikannya, saya juga melakukan hal sama,” tutur Anshar Ahmad.

Saat bertandingan baru berjalan delapan menit, Kamboja menarik seorang pemain tanpa menggantinya. Hal sama dilakukan lagi pada menit 20. Mestinya, pertandingan dengan sistem 7 a side football, setiap tim berawak tujuh pemain. Namu negara itu hanya membawa delapan pemain untuk bertanding di APG 2022.

Ada pemandangan menarik saat wasit Gina Syaputra meniup peluit panjang. Kapten tim Yahya Hernanda merangkul dua pemain Kamboja di kanan-kirinya dan mengajak untuk bersama-sama melakukan selebrasi di depan tribun pentonton.

Para pemain lain Indonesia mengikuti dengan menggandeng masing-masing seorang awak tim lawan.

“Sebagai wujud respek dan solidaritas kami terhadap Kamboja. Ini demi kesan bahwa Indonesia negara yang bersahabat, maka kami beri kesempatan mereka untuk bersama-sama melakukan selebrasi,” ujar Yahya.*

Pelatih Kamboja Im Sopheak Makara pun mengajak seorang pemainnya dan asisten pelatih Indonesia, Irpan, naik ke tribun penonton untuk menyampaikan langsung ucapan terima kasih.**

Leave a Reply

Your email address will not be published.