Skip to content

Jauh Lampaui Target, Indonesia Tutup Cabor Parabulu Tangkis ASEAN Paragames 2022 dengan Gemilang

  • by
Pebulutangkis Wiwin Andri dan Agus Budi Utomo berpelukan setelah partai final sesama Indonesia nomor tunggal putra WH2 11th ASEAN Para Games Solo 2022 di Edutorium UMS, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Partai ini dimenangkan oleh Wiwin Andri dan berhak atas medali emas.INASPOC/ RIZAL ADI DHARMA

SOLO – Tim parabulu tangkis Indonesia berhasil menutup perjuangan di ASEAN Paragames 2022 dengan catatan impresif. Skuad Merah Putih finis sebagai juara umum dengan torehan medali emas jauh melampaui target.

Sebelumnya, tim parabulu tangkis Indonesia ditargetkan untuk meraih enam medali emas, empat perak, dan empat perunggu di ASEAN Paragames 2022.

Namun, Fredy Setiawan dan kawan-kawan secara luar biasa mampu membukukan 13 emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu dari total 19 nomor yang dipertandingkan di Edutorium UMS , Solo.

Pencapaian ini jelas disyukuri oleh Yunita Ambar Wulandari selaku pelatih para bulu tangkis Indonesia.

“Parabulu tangkis yang targetnya enam medali emas kini jadi 13 medali emas. Ini pencapaian kami yang sangat luar biasa dan sangat lebih dari apa yang kami harapkan,” ujar Ambar.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari pemerintah, NPC Indonesia, hingga suporter yang sudah mendukung hingga kami dapat berprestasi semaksimal ini.”

“Semoga ke depannya kami bisa lebih berprestasi dan lebih didukung lagi. Setelah ini ada Thailand Open dan Indonesia Open di Jogja,” sang pelatih menambahkan.

Tim parabulu tangkis Indonesia sendiri memang sangat dominan dalam ASEAN Paragames 2022. Thailand yang jadi negara terbaik kedua dalam cabor ini “hanya” kebagian tiga emas, delapan perak, dan sembilan perunggu.

Kontingen Negeri Gajah Putih bersaing ketat dengan Malaysia yang berada di peringkat tiga dalam klasemen perolehan medali cabor parabulu tangkis ASEAN Paragames 2022.

Malaysia sejatinya juga berhasil mengamankan tiga medali emas. Namun, skuad Negeri Jiran hanya mendapat satu perak dan tiga perunggu.

Berikut sebaran perolehan medali ASEAN Paragames 2022 dari cabor parabulu tangkis:

  1. Indonesia: 13 emas, 9 perak, 9 perunggu
  2. Thailand: 3 emas, 8 perak, 9 perunggu
  3. Malaysia: 3 emas, 1 perak, 3 perunggu
  4. Filipina: 1 perak
  5. Vietnam: 3 perunggu

Kontingen Brunei Darussalam, Kamboja, dan Singapura yang juga mengikuti kompetisi cabor parabulu tangkis ASEAN Paragames 2022 sama sekali tak mendapat medali. (TM-DW) ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.