Skip to content

Mantap! Paratenis Meja Indonesia Boyong 27 Emas, Ini Daftarnya

  • by
Leli Marlina, atlet Para Tenismeja Indonesia menangis haru, setelah mengalahkan wakil Thailand Pangwas Sringam di kelas 5 Women Single. 11th ASEAN Paragames di Solo techno Park. INASPOC/Sofyan Adi.

SOLO – Kontingen paratenis meja Indonesia sukses memboyong sedikitnya 27 emas pada ajang Asean Paragames 2022 di Solo Techo Park Solo, Jumat (5/8/2022). Jumlah ini melampaui target timnas yang hanya 12 emas.

Data yang dihimpun Tim Inaspoc, ke-27 emas itu berasal dari sejumlah nomor mulai dari beregu, ganda, dan tunggal putra maupun putri serta campuran.

Pada nomor beregu emas disumbangkan kelas 10 putra yang diperkuat Dian David Mickael Jacobs dan Komet Akbar. Lalu, ada kelas 10 putri yang diperkuat oleh Sella Dwi Radayana, Aminah, dan Cici Juliani.

Kemudian, sebuah emas datang dari beregu kelas 8 putri disumbangkan oleh Suwarti, Hamidah, dan Siti Fadilah. Kelas beregu 8 putra juga menyumbangkan sebuah emas dari Mohamad Rian Prahasta, Banyu Tri Mulyo, dan Leonardo Aritonang.

Kelas beregu lainnya yang turut menyumbangkan emas yakni kelas 9 putra yang diperkuat Kusnanto, Hilmi Azizi, Supriyatna Gumilar, dan Aman Suratman. Lalu, kelas 4 putra yakni Adyos Astan dan Yayang Gunaya.

Emas untuk Indonesia terus berdatangan dari nomor ganda. Ganda campuran menyumbangkan empat emas yakni dari kelas 5 pasangan Tatok Hardiyanto dengan Leli Marlina. Lalu, kelas 8 ada Suwarti dan Mohamad Rian Prahasta.

Ganda campurna kelas 9 yang diperkuat Kusnanto dan Hana Resti juga menyumbangkan sebuah emas. Terakhir, campuran David dan Sella turut menambah emas bagi tanah air.

Tak hanya itu, pada nomor ganda putra kelas 5 emas diraih pasangan Sunarto-Tatok Hardiyanto. Lalu, kelas 8 ada Banyu Tri Mulyo dan Mohamad Rian Prahasta.

Kelas 9 yang diperkuat Kusnanto dan Supriyatna Gumilar juga menyumbangkan sebuah emas. Kemudian, ganda putra kelas 10, David Jacobs dan Komet Akbar meraih sebuah emas.

Lalu, pada ganda putri kelas 8 ada Suwarti-Hamida, lalu kelas 9 putri ada Imas Yuniar dan Hana Resti. Terakhir, ganda putri kelas 10 ada Cici Juliani dan Sella Dwi Radayana.

Kemudian, 10 emas lainnnya datang nomor tunggal di antaranya kelas 5 putra oleh Tatok Hardiyanto, kelas 5 putri Leli Marlina, kelas 8 putra ada Mohamad Rian Prahasta.

Lalu, tunggal kelas 8 putra ada Kusnanto, kelas 10 putra David Jacobs, dan kelas 6-7 putri ada Siti Fadilah. Suwarti menambah koleksi emas untuk Indonesia di kelas 8 putri.

Sisanya, emas Indonesia dibukukan dari kelas 9 putri oleh Hana Resti, kelas 10 putri oleh Sella Dwi Radayana, dan kelas 11 putri oleh Ana Widyasari.

Pelatih Timnas Paratenis Meja Indonesia, Suwarno, mengaku senang atas prestasi para atlet pada ajang Asean Paragames 2022 kali ini. Prestasi ini tak lepas dari persiapan yang matang dan kerja keras para atlet. Mereka menjalani latihan sejak Oktober 2021 dan kini menunjukkan performa yang luar bisa.

“Ini sangat luar biasa. Kerja keras para atlet dan persiapan yang matang membawa pada prestasi hari ini,” ujar dia saat ditemui Tim Inaspoc di Solo Techno Park, Solo, Jumat (5/8/2022).

Dia menjelaskan seusai laga pada Asean Paragames ini para atlet akan pulang ke rumah masing-masing. Namun, mereka diminta tetap berlatih untuk menghadapi kompetisi selanjutnya.

“Kami minta para atlet tetap berlatih agar saat TC digelar kita tidak memulai lagi dari nol,” sambung dia.

Disinggung soal target pada Asean Paragames di Kamboja mendatang, Suwarno mengaku belum menentukan. Target akan ditentukan dengan melihat kelas-kelas yang dipertandingkan. Biasanya kelas yang dipertandingkan di Kamboja akan berkurang.

“Tapi harapan kami semoga kelas-kelas yang dipertandingkan ini sama seperti yang digelar di Indonesia,” kata Suwarno. (TM-CY) ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.