Skip to content

Mobil Wisata Listrik Disulap Jadi Pengantar Atlet Usai Tanding

  • by
Foto: MEDIA CENTER APG 2022

Solo – Penyelenggara ASEAN Paragames 2022 mengerahkan segala potensi yang ada di kota Solo agar memberi kenyamanan khususnya untuk para atlet. Salah satu contohnya terlihat di Stadion Manahan. Dua buah mobil wisata beralih fungsi menjadi mobil pengantar atlet.

Mobil merah dan putih dengan desain bodi yang klasik itu terparkir di depan pintu keluar stadion yang biasa dipakai para atlet balap kursi roda dan para atlet balap lari yang baru menyelesaikan lomba.

Setiap atlet yang keluar dari pintu itu akan dihampiri liaison officer yang memberi tahu bahwa mereka bisa menggunakan mobil tersebut ke tempat tunggu atlet yang letaknya tidak lebih dari 100 meter.

Biasanya, atlet yang terlihat kepayahan setelah lomba bila ditawari fasilitas mobil pengantar, langsung menyambut naik. Sedangkan atlet yang masih segar bugar, umumnya memilih untuk berjalan kaki. Sebagian  kecil juga menyambut tawaran itu.

Atlet Timor Leste Teofilo Freitas yang baru menyelesaikan lomba menjajal keasyikan naik mobil wisata mengaku senang dan terbantu.

“Saya senang. Membuat saya nyaman setelah capek bertanding. Sangat membantu,” kata Teofilo, ditemui di Stadion Manahan Solo, Kamis (4/8/2022).

Desain mobil itu memang cocok difungsikan sebagai pengangkut atlet. Sebab tidak seperti mobil umumnya, kiri kanannya lowong. Tidak ada bodi yang menjadi sekat. Persis seperti mobil yang dimodifikasi jadi odong-odong. Namun, yang ini tentunya versi premium.

“Bisa muat 10 orang. Tetapi diatur maksimal tujuh orang saja,” kata sopir mobil wisata, K Jhoni.

Mobil wisata ini memiliki tiga baris bangku menghadap depan, dan satu baris lagi menghadap belakang.

Mobil bertenaga listrik ini mulai berseliweran di Kota Solo sejak akhir 2021. Didatangkan langsung dari China, mobil ini diharapkan menambah daya tarik wisata Kota Solo.

Foto: MEDIA CENTER APG 2022

Saat beroperasi untuk wisata, mobil ini hanya punya tiga rute. Pertama, dari Benteng Vastenburg – Pasar Gede – Keraton Kasunanan – Baluwarti – Batik Kauman. Kedua, Kampung Batik Laweyan – Sondakan – Pasar Oleh-oleh Jongke – Pajang. Ketiga, Pura Mangkunegaran – Stadion Manahan – Pasar Balekambang – Pasar Depok.

“Mobil ini tidak boleh lewat jalan raya,” ujar K Jhoni.

Mobil yang disebut-sebut seharga Rp175 juta ini, fiturnya sederhana. Transmisinya semi otomatis. Pengaturannya bukan berupa tuas, melainkan knop dengan pilihan maju, netral, dan mundur.  Seperti mobil otomatis, pedalnya hanya dua. Untuk rem dan gas.

Pada dashboard terdapat layar ganda. Satu berfungsi untuk monitor parkir, satunya untuk fitur hiburan dengan port USB. Sementara stirnya, tidak seperti mobil biasa, radius putarnya hanya sekitar 30 derajat, sehingga sopir tidak bisa berputar arah balik dengan sekali percobaan.

“Caranya maju mundur dulu,” katanya.

Untuk pengisian baterai, portnya tersedia di bawah kursi belakang. Lubang pengisian daya itu dilengkapi indikator berwarna merah, menandakan baterai sudah di bawah 80 persen, indikator kuning, baterai dayanya di atas 80 persen, dan hijau yang berarti baterai masih atau sudah 100%.

Sekali mengisi baterai, mobil bisa menempuh jarak sekitar 10 kilo meter. Namun tergantung dengan muatan. Semakin banyak muatan, maka baterai semakin cepat habis, kata Jhoni.

“Tetapi kalau untuk pemakaian sekarang yang jaraknya dekat dan hanya ditumpangi satu-dua orang ini pasti lebih hemat lagi listriknya,” ujarnya.

ASEAN Paragames Solo 2022 akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyandang status juara umum pada perhelatan terakhir ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Narahubung:

Suhud +62856-3555-117

Isnan +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.