Skip to content

Myanmar Yakin Rebut Perunggu Sepak Bola CP, Kamboja Siap Berlaga

  • by
Pemain Myanmar, Thu Ya Aung (kanan) pada semifinal CP Football ASEAN Para Games 2022 di Stadion UNS Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022). INASPOC/FERI SETIAWAN

SOLO – Timnas sepak bola cerebral palsy (CP) Myanmar sangat yakin mampu merebut medali perunggu pada laga perebutan tempat ketiga ASEAN Para Games (APG) 2022.

Tim Negeri Seribu Pagoda itu dijadwalkan menghadapi Kamboja di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Jumat (5/8/2022) pagi.

Kedua tim tersebut sudah bertemu pada rangkaian kompetisi sepak bola CP dalam pesta olahraga disabilitas Asia Tenggara itu. Pertemuan itu terjadi pada fase penyisihan, Minggu (31/7/2022), sore, di mana Myanmar menang 4-0.

“Kami merasa sangat percaya diri untuk meraih medali perunggu pada pertandingan memperebutkan juara tiga nanti. Seluruh pemain sudah siap tanding,” kata asisten pelatih Myanmar

Sebelum berangkat ke Indonesia untuk melakoni rangkaian pertandingan sepak bola CP dalam APG 2022, Myo Zin Aung dkk telah menjalani training center atau pemusatan latihan selama tiga bulan.

Kendati mereka mengganggap waktu itu cukup singkat, namun penempaan seluruh pemain yang dipimpin pelatih Hla Myint itu cukup mendukung para pemain, yang seluruhnya baru dikumpulkan dalam tiga bulan itu.

“Saya juga termasuk yang bergabung selama tiga bulan pemusatan latihan, bersama semua teman-teman yang sekarang berada dalam satu tim ini,” ujar salah seorang pemain Myanmar, Thu Ya Aung.

Bekal itu diprediksi sangat cukup untuk mengatasi Kamboja, Jumat pagi. Sebab, Kamboja yang berada di urutan buncit, memiliki catatan kurang bagus. Dari tiga kali pertandingan di fase penyisihan, serta sekali laga semifinal, Kamboja tak pernah sekalipun menikmati kemenagan.

Selain kalah 0-4 dari Myamnar, Kamboja juga kalah 9-0 dari Thailand, serta dua kali ditundukkan tim tuan rumah Indonesia. Pada pertemuan pertama versus Indonesia, Kamboja menyerah 1-7 (Selasa, 2/8/2022). Lalu dalam laga semifinal, tim racikan pelatih Im Sopheak Makara itu kembali takluk 2-9 (Rabu, 3/8/2022).

“Kami hanya punya sedikit stok pemain, apalagi beberapa mengalami cedera. Tapi berapapun jumlah yang siap, entah enam, entah lima pemain, kami akan tetap bertanding demi negara kami,” tandas Makara.

Kamboja hanya memboyong delapan pemain dalam tim sepak bola CP. Padahal, pertandingan dengan sistem 7 a side football itu, biasanya memainkan masing-masing tujuh pemain dalam satu tim dalam durasi 2 x 30 menit.**

Leave a Reply

Your email address will not be published.