Skip to content

Petugas Gabungan Siaga 24 Jam, ASEAN Paragames 2022 Dipastikan Aman

  • by
Foto: MEDIA CENTER APG 2022

Solo – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta menyiapkan ratusan personel mengamankan penyelenggaraan ASEAN Paragames 2022. Khusus di lokasi penginapan atlet, pengamanan dilakukan selama 24 jam.

Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polresta Surakarta, Kompol Sutoyo, menyatakan bahwa kekuatan personel pengamanan di lokasi penginapan, venue, pengawalan dan patroli sekitar 435 personel. Ditambah dengan personel cadangan sekitar 300 orang.

“Hingga hari ini alhamdulillah berjalan lancar mulai dari pergeseran atlet di penginapan ke venue tempat bertanding tidak ada hambatan. Polresta menempatkan personel di tiap-tiap penginapan, kita jaga 24 jam,” kata Kompol Sutoyo, Kamis (4/8/2022).

Penjagaan mencakup titik penginapan atlet Para-atletik di Hotel Aston, Hotel Harris, dan Swiss-Belinn Saripetojo, atlet Parapanahan di Hotel Megaland, atlet Boccia di The Alana Hotel, Parabadminton di Lorin Solo Hotel dan Paracatur di Lorin Dwangsa Hotel Solo.

Kemudian, untuk atlet Sepak bola Cerebral Palsy (CP) di Hotel Novotel, atlet Paratenis meja di Hotel Sunan, atlet bola basket kursi roda di Hotel Kusuma Sahid Prince, atlet bola gawang di Hotel Sahid Jaya, dan atlet judo tunanetra di Hotel Grand HAP.

Atlet bola voli duduk menginap di Hotel Royal Heritage, atlet Para-angkat berat dan tenis kursi roda di Hotel Solo Paragon, dan atlet Pararenang di Hotel Harris Semarang.

Selain di penginapan, terang Sutoyo, personel gabungan dari TNI – Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) juga ditempatkan di beberapa titik venue, di antaranya di Stadion Manahan Solo (Para-atletik), Stadion UNS Solo (Sepak bola CP), Solo Techno Park (Paratenis meja), Edutorium UMS (Parabadminton), Hotel Lorin Dewangsa (Paracatur), Hotel Solo Paragon (Para-angkat besi) dan GOR UNS Solo (Boccia).

Kemudian, di Tirtonadi Convention Hall (judo tunanetra), GOR UNS Kentingan (bola gawang), Manahan Tenis Center (tenis kursi roda), Lapangan Kota Barat Solo (Parapanahan), GOR Sritex Arena (basket kursi roda), GOR UTP (voli duduk), dan Kolam Renang Jatidiri Semarang (Pararenang).

Pengamanan juga dilakukan terhadap pergerakan atlet dan ofisial menuju ke venue pertandingan.

“Pengawalan guna kelancaran dan ketepatan waktu sesuai jadwal bertanding,” terang Kompol Sutoyo.

Memasuki hari keenam penyelenggaraan, situasi di beberapa venue terpantau aman dan kondusif. Seperti halnya di Lapangan Kota Barat (Cabor Para-panahan), Stadion Manahan Solo (Cabor Para-atletik) dan Tenis Manahan Court (Cabor tenis kursi roda).

Perwira pengendali venue Para-atletik Stadion Manahan Solo, Iptu Suyadi, memastikan bahwa situasi kondisi di Stadion Manahan Solo dalam keadaan aman dan kondusif.

Ia menyatakan, pengamanan di venue Stadion Manahan dilakukan oleh petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP.

“Untuk personel di sini ada 25 orang dari TNI, 25 dari Polri dan lima orang dari Satpol PP,” terang Iptu Suyadi.

Untuk pembagian personel, jelas dia, dibagi pada beberapa titik diantaranya di VVIP ada dua personel Polri dan dua personel TNI. Selain itu, pengamanan juga dilakukan di sekitar tribun, area sekitar stadion, dan area parkir.

ASEAN Paragames Solo 2022 akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyandang status juara umum pada perhelatan terakhir ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Narahubung:

Suhud +62856-3555-117

Isnan +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.