Skip to content

Prangko Seri Prajurit Keraton Surakarta dan ASEAN Paragames 2022, Warisan Solo untuk Dunia

  • by
Foto: ANTARA

Solo – Kemenkominfo RI siap meluncurkan prangko seri khusus ASEAN Paragames 2022 dan Prajurit Keraton Surakarta pada Jumat 5 Agustus mendatang. Seremoni peluncurannya diyakini berlangsung meriah karena dilakukan dalam kirab budaya dari Kori Kamandungan Keraton Surakarta hingga Balai Kota Surakarta.

Prosesi peresmian prangko dimulai pukul 15.00 WIB oleh sambutan SISKS Pakoe Boewono XIII. Selang setengah jam kemudian, dilanjutkan dengan pemberangkatan prajurit keraton sebagai tanda pembukaan kirab budaya.

Prosesi kirab diperkirakan sampai Balai Kota pukul 16.00 WIB dan setelah itu disambung dengan atraksi prajuri Keraton Kasunanan dan tarian Krido Retno.

Urutan keberangkatan peserta kirab dipimpin oleh korps musik keraton, prangko Prajurit Keraton Surakarta raksasa, pasukan Prajurit Keraton Surakarta, prangko ASEAN Paragames 2022, Kereta VIP (3 Kereta Kencana dan 1 Biolet). Kemudian, terdapat acara kesenian yang menunggu di 3 pos.

Kesenian yang mengikuti kirab adalah Reog Surakarta di pos Pertigaan Pasar Klewer, Gajah Krumpyung di pos Pertigaan Alun-alun, Buto Bajang di pos Bunderan Gladag, dan Barong Kemamang di pos finis Balai Kota. Sebelum kirab berjalan, terdapat penampilan dari para talent juga.

Sesampai di Balai Kota, acara dilanjutkan dengan penandatangan sampul prangko seri Prajurit Keraton Surakarta dan ASEAN Paragames 2022 oleh Menkominfo Jhonny G Plate dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sambil didampingi Dirjen PPI Kominfo, Direktur Pos Kominfo, Gubernur Jateng, Komisaris dan Dirut PT Pos serta Putra Mahkota Kasunanan Surakarta.

Foto: ANTARA

Gunawan Hutagalung selaku Plt. Direktur Pos Ditjen PPI Kominfo menjelaskan, pihaknya bersama Pokja Nasional memang meluncurkan prangko baru tiap tahun untuk menjaga budaya serta menandai event besar yang terjadi di Tanah Air, termasuk ASEAN Paragames Solo 2022.

“Pada prinsipnya, Kemenkominfo mendukung pengembangan budaya dan pelaksanaan ASEAN Paragames 2022. Setelah sampul prangko itu ditandatangani nanti, sudah bisa langsung digunakan untuk mengirim surat dan jadi cendera mata ASEAN Paragames juga,” kata Gunawan dalam jumpa pers di Balai Kota Surakarta, Kamis (4/8/2022).

Prangko Prajurit Keraton Surakarta dan ASEAN Paragames 2022 dibanderol Rp5.000 dan bisa didapatkan oleh masyarakat maupun kolektor di kantor-kantor pos terdekat.

Namun dalam waktu dekat ini, Lilik Suryono selaku Executive General Manager Solo mengatakan baru tercetak 450 ribu lembar untuk seri Prajurit Keraton Surakarta dan hanya 30 ribu lembar untuk seri ASEAN Paragames 2022. Jumlah tersebut bisa bertambah di masa mendatang, namun tetap ada batas waktu pembuatannya.

“Setelah ditandatangani nanti, keesokan harinya bisa didapatkan langsung di kantor pos dekat sini. Tapi jumlahnya terbatas, karena masih sampel,” kata Lilik.

ASEAN Paragames Solo 2022 akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyandang status juara umum pada perhelatan terakhir ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Narahubung:

Suhud +62856-3555-117

Isnan +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.