Skip to content

Presiden Jokowi Resmi Tutup ASEAN Paragames Solo 2022

  • by
Foto: ANTARA

Solo – ASEAN Paragames Solo 2022 resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (6/8/2022). Penutupan ditandai dengan penyerahan bendera ASEAN Para Sport Federation (APSF) kepada Kamboja yang  akan menjadi tuan rumah berikutnya pada 2023.

Upacara penutupan diawali dengan kehadiran  pembawa 11 bendera negara peserta melalui panggung utama diikuti parade dari negara peserta. Indonesia menjadi kontingen dengan jumlah terbanyak di parade itu. Merah-Putih pun tampil di urutan terakhir.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali yang membuka rangkaian pidato mengulas singkat latar belakang Indonesia menyelenggarakan ASEAN Paragames.

Meski persiapannya sangat singkat, sekitar lima bulan namun Indonesia mampu mengemban amanah sebagai tuan rumah. Ini tak lepas dari sejumlah faktor di antaranya adalah pengalaman Indonesia dalam menggelar event olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Paragames 2018. Di tambah Kota Solo juga memiliki pengalaman menggelar ASEAN Paragames pada 2011.

Foto: ANTARA

Sukses Indonesia menyelenggarakan ASEAN Paragames Solo 2022, semakin lengkap dengan menyandang status juara umum.  Dari lima gelaran ASEAN Paragames sebelumnya, baru kali ini tuan rumah keluar sebagai pengoleksi emas terbanyak.

Menurut Menpora, capaian medali emas Indonesia yang mencapai 175 keping adalah pencapaian tertinggi sepanjang sejarah sejak penyelenggaraan ASEAN Paragames pertama pada 2001.

Indonesia menggantikan Vietnam yang seharusnya menjadi tuan rumah pada 2021. Setelah Vietnam mundur, Indonesia resmi ditunjuk pada 23 Februari 2022.

Kegiatan olahraga multi-event yang bertema “Striving for Equality” ini diikuti 1.907 orang yang terdiri dari  1.248 atlet dan 659 ofisial. ASEAN Paragames ini mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 457 nomor pertandingan dan memperebutkan 1260 medali emas, perak dan perunggu.

“Pada akhirnya telah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu dengan total perolehan 425 adalah kontingen Indonesia,” kata Zainuddin saat memberikan pidato dalam upacara penutupan ASEAN Paragames Solo 2022 di Stadion Manahan Solo,  Sabtu (6/8/20522).

Menurut Menpora, ASEAN Paragames digelar dengan semangat tolerasi, kebersamaan dan kerja sama untuk membawa kebahagiaan kepada atlet dan masyarakat di ASEAN. Dia berharap meski ASEAN Paragames 2022 telah berakhir, dan para peserta akan meninggalkan Solo, mereka akan datang lagi ke Solo dan mengenangnya sebagai kota yang Indah.

“Sampai ketemu di ASEAN Paragames di Kamboja,” kata Menpora.

Presiden APSF Osoth Bhavilai menyatakan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan semua pihak yang terlibat menyelenggarakan ASEAN Paragames yang dilaksanakan 30 Juli – 6 Agustus 2022 itu.

“ASEAN Paragames Telah berakhir. Malam ini kita berpisah tetapi Solo dan warganya tetap di hati,” kata Osoth.

“Asean menyanjungmu,” kata Osoth memberikan apresiasi.

Ia pun menyebut langsung penghargaannya terhadap para relawan yang menurutnya telah menunjukan wajah Indonesia yang ramah.

“Selamat kepada Indonesia yang telah menjadi juara,” ujar dia.

Foto: ANTARA

Presiden Jokowi di kesempatan pamungkas menutup secara resmi ASEAN Paragames Solo 2022 dengan simbolik menyerahkan kendi kepada atlet pararenang Indonesia Jendi Pangabean yang memperoleh 5 medali emas dalam ajang ini.

“Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara negara ASEAN. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan dengan komitmen dan kerja keras disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” pujinya.

Jokowi mengungkapkan bahwa solidaritas antar bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN  dan penyandang disabilitas.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas. Kita sukseskan ASEAN Paragames tahun depan di Kamboja.”

“Dan mengucap puji syukur ke Allah subhanallahu wa ta’ala Alhamdulillahirobil alamin ASEAN Paragames XI tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam ini. Sampai jumpa di ASEAN Paragames XII 2023 di Kamboja,” tutup Jokowi.

Foto: ANTARA

Selanjutnya upacara ditutup dengan penyerahan bendera APSF oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka secara bersambung hingga kepada perwakilan dari Kamboja.

Narahubung:

Suhud   I +62856-3555-117

Isnan     I +62815-6756-969

Leave a Reply

Your email address will not be published.