Skip to content

Timnas Voli Duduk Putri Selangkah Menuju Juara

  • by
Pemain Timnas Indonesia Ratifah Apriyanti mengontrol bola dalam laga Sitting Volleyball Women’s Team – 2nd Round 11th ASEAN Para Games 2022 di Gor UTP, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu 3 Agustus 2022. Indonesia menang tiga set langsung dengan score 25-5, 25-4, 25-11. INASPOC/Yoma Times Suryadi/Ali

KARANGANYAR – Timnas Voli Duduk Putri Indonesia selangkah menuju juara. Itu tak lepas setelah tim asuhan Andri Asrul Setiyawan membungkam Kamboja.

Voli duduk putri Indonesia mengalahkan lawannya tiga set langsung dengan skor 25-5, 25-4 dan 25-11 pada putaran kedua Grup C di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022).

Pun, kemenangan itu membuka asa voli duduk putri Indonesia mencapai target dengan meraih medali emas pada ASEAN Paragames (APG) XI/2022. Kini untuk mewujudkan itu, Diah Dwiyanti dan kolega wajib memenangkan permainan melawan Thailand pada laga terakhir, Kamis (4/8/2022) pagi WIB.

“Kita memang sebelumnya cukup percaya diri karena di round pertama menang dan menguasai permainan atas Kamboja,” kata Andri. “Berikutnya kita melawan Thailand. Kita harus bersiap diri dan tidak boleh meremehkan mereka,” ujarnya menambahkan.

Melawan Thailand, jelas, Andri, timnya akan memaksimalkan peran dari Anissa Tindy Lestari untuk mengambil poin sebanyak mungkin. Kemudian, lumbung poin berikutnya akan dimanfaatkan melalui service mematikan dari Diah Dwiyanti selaku kapten tim.

“Selain itu, tentu saja kita harus mengurangi kesalahan kita agar bisa memaksimalkan poin yang ada. Intinya kita akan berjuang maksimal tanpa meremehkan lawan. Sebab kita mempunyai target meraih medali emas,” tegasnya.

Sejauh ini, tim voli duduk putri Indonesia berhasil menyapu kemenangan dalam tiga pertandingan yang telah dilalui. Tiga kemenangan diraih dengan mengalahkan Thailand 3-0 (putaran pertama). Kemudian dua kemenangan 3-0 saat menghadapi Kamboja pada putaran pertama dan kedua.

Sedangkan Thailand baru memetik dua kemenangan dan satu kekalahan. Dua kemenangan dituai saat menghadapi Kamboja dalam dua pertemuan. Sedangkan satu kekalahan dialami saat dikalahkan Indonesia 0-3. Diatas kertas, Indonesia selaku tuan rumah ASEAN Paragames 2022 berpeluang menang di partai terakhir.

Kemenangan akan memastikan Diah Dwiyanti dkk menggenggam titel juara. Adapun terakhir kali, tim voli duduk putri Indonesia meraih emas ASEAN Paragames, terjadi pada 2014 di Myanmar. Saat itu, Merah Putih berstatus sebagai juara umum dengan mendulang 99 emas, 69 perak dan 49 perunggu.(TIM-EK) ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.