Skip to content

Turunkan Pemain Pelapis, Timnas Sepak Bola CP Indonesia Kalahkan Kamboja 7-1

  • by

SOLO – Timnas sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia mengukuhkan posisi di puncak, setelah menundukkan Kamboja, 7-1 pada laga ASEAN Paragames (APG) 2022 di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Selasa (2/8/2022).

Menurunkan para pemain lapis kedua, Timnas Merah-Putih bermain dominan pada laga ketiganya itu. Sejak wasit Deliana Fatmawati meniup peluit kick off, hanya dua-tiga pemain inti yang dipasang. Ban kapten yang biasa disandang Yahya Hernanda, diserahkan ke Yusup Suhendar.

‘’Saya turunkan para pemain lapis untuk agar jam terbang tetap terjaga, sekaligus mengistirahatkan pemain lainnya. Tapi tetap ada dua pemain inti demi keseimbangan tim,’’ kata pelatih Timnas sepak bola CP Indonesia, Anshar Ahmad mendampingi manajer timnas dokter Ferry Kusnanto.

Kendati demikian, kekuatan kedua tim tetap tak seimbang. Tuan rumah Indonesia mendominasi laga, terutama setelah Muh Ridhani mencetak gol pertama melalui tendangan mendatar menit 8.

Selanjutnya, striker Cahyana menambah keunggulan Merah-Putih dengan sepakan kerasnya setelah menerima umpan terobosan dari Ridhani menit 11.

Kemampuan melindungi bola dari tekanan lawan, sebelum memutar dan melepas tendangan, memang menjadi salah satu kemampuan striker bernomor punggung 7 itu.

Tak hanya sebiji gol. Cahyana yang bermain lebih tenang bahkan mencetak quattrick, usai mencetak tiga gol lain secara berurutan. Yakni pada menit 15, 20 dan 31.

Pada menit 38, Abdul Aziz Nur, pemain sayap yang masuk menggantikan Ahmad Yuliarsi, menambah gol Indonesia menjadi 6-0. Tembakan dia sebenarnya mampu ditepis kiper S Heng, namun lentingan bola saat menyentuh tanah, terpental ke jala.

Kamboja berusaha mengejar ketertinggalan. Peluang terbuka, saat mereka berhasil mendorong bola ke kotak pertahanan Indonesia.

Melalui kerja sama satu-dua sentuhan, Gi melepaskan umpan ke Lao Sophanna yang kemudian menembak kulit bundar ke gawang. Kiper Ahmad Yusuf mampu mengeblok, namun Lao Sophanna segera menubruk bola hingga menjadi gol pada menit 49.

Kedudukan 6-1, bertahan hingga lima menit. Membangun serangan bagus dari lapangan tengah, Mahdianur yang masuk menggantikan Ridhani, kemudian menyodorkan bola ke Abul Aziz Nur.

Aziz yang tidak terkawal memberikan umpan ke striker pengganti, Efi Yikwa yang kemudian menyongsongnya hingga berbuah tambahan gol. Skor 7-1 bagi Indonesia, bertahan hingga bubar.

‘’Anak-anak bermain baik, serta menunjukkan kemampuan mereka tidak kalah dengan para pemain inti. Gol balasan yang dicetak Kamboja juga cukup bagus,’’ kata Anshar diiyakan asisten pelatih Afif Bayu.

Sesuai skema pertandingan yang telah disusun, Indonesia yang menempati posisi puncak akan kembali menghadapi Kamboja sebagai tim dasar klasemen sementara, Rabu (3/8) sore. Sedangkan Thailand yang berada di urutan kedua akan bertanding lawan Myanmar di urutan ketiga, Rabu pagi.(TM-SW)***

Leave a Reply

Your email address will not be published.